29 Januari 2022 10:06 am

Bagaimana cara mengatasi ambeien (wasir)?


Beberapa kondisi hemoroid ini dapat sembuh sendiri. Namun terkadang gejala yang ditimbulkan lebih parah sehingga membutuhkan penanganan dari dokter. Berikut berbagai pilihan perawatan wasir.

Minum suplemen serat
Penambah serat seperti psyllium (Metamucil) atau methylcellulose (Citrucel) dapat membantu pengeluaran feses Anda dan mengobati sembelit.

Obat ambeien
Obat dalam bentuk krim dan obat supositori dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti rasa nyeri dan gatal akibat wasir.

Operasi pengangkatan ambeien
Operasi pengangkatan ambeien disebut juga dengan hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambien berat dan kambuhan yang paling efektif.

Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, bius spinal, atau bius umum.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya.

Waktu pemulihan biasanya sekitar 2 minggu, tapi mungkin butuh waktu sekitar 3 – 6 minggu sampai Anda bisa beraktivitas normal lagi.

Trombektomi ambeien eksternal
Jika gumpalan darah yang menyakitkan (trombosis) terbentuk di dalam ambeien eksternal, dokter Anda akan melakukan sayatan dan drainase sederhana, untuk menghilangkan gumpalan darah. Prosedur ini paling efektif dilakukan dalam waktu 72 jam setelah berkembangnya gumpalan darah.

Ligasi pita karet
Dokter akan mengikat satu atau dua pita karet kecil di area sekitar ambeien internal untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, ambeien akan terlepas setelah seminggu Anda menjalankan prosedur ini.

Cara mengobati ambeien yang satu ini efektif untuk banyak orang dan tidak memerlukan pembiusan. Pasien dapat kembali beraktivitas normal keesokan harinya.

Rasa tidak nyaman, nyeri, dan perdarahan mungkin akan muncul 2 – 4 hari setelah melakukan prosedur ini. Namun, cara mengatasi ambeien ini jarang menyebabkan komplikasi yang parah.

Suntikan (skleroterapi)
Pada prosedur mengobati ambeien ini, larutan kimia khusus akan disuntikkan ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya.

Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf menjadi mati rasa pada lokasi penyuntikan. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran ambeien akan mengecil atau menyusut.

Koagulasi dengan inframerah, laser, atau bipolar
Teknik koagulasi ini menggunakan sinar laser atau inframerah untuk membakar jaringan ambeien. Prosedur ini berfungsi untuk memotong aliran darah.

Namun, prosedur ini juga dapat membuat ambeien muncul kembali (kambuh), berlaku jika dibandingkan dengan prosedur ligasi pita karet. Selain itu, prosedur ini dapat menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman.
Blog Post Lainnya
Apa saja faktor-faktor risiko terkena penyakit Wasir?Berikut adalah berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena wasir. 1. Mengalami sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat sembelit membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak
Apa saja tanda dan gejala ambeien?Berdasarkan jenisnya, gejala ambeien yang akan dirasakan berbeda. Bila Anda memiliki jenis eksternal, maka Anda akan mengalami:. kemunculan benjolan yang keras dan terasa lembut saat disentuh di
Apa itu ambeien (wasir)?Ambeien adalah kondisi meradang atau bengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus. Kondisi juga sering disebut sebagai hemoroid atau lebih terkenalnya disebut sebagai wasir. Pembengkakan dapat
Social Media
Alamat
0811-2244-4455
0822-1122-1155
support@gmail.com
Metode Pengiriman
-
-
Berita Newsletter
`Berlangganan
-
@2024 Deny CEO Inc.